Pemerataan Vaksinasi Percepatan Penanganan Pandemi, oeh Arifuddin Fathoni

Pemerataan Vaksinasi Percepatan Penanganan Pandemi

Wonogiri Seperti kebanyakan Negara lain, saat ini Indonesia sedang menggencarkan program vaksinasi untuk seluruh masyarakatnya. Hal tersebut tak lain dan tak bukan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi bencana pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Sekitar kurang lebih tujuh vaksin sudah mendapat EUA dari BPOM antara lain vaksin AstraZeneca, vaksin Sinovac, vaksin Covid-19 PT Bio Farma, Sinopharm, Sputnik V, Pfizer, dan Moderna. Berbagai macam vaksin tersebut didapat dari berbagai pabrik atau penyedia pula. Tercatat vaksin Sinovac merupakan jenis vaksin yang pertama kali digunakan oleh pemerintah pada awal program vaksinasi nasional. Vaksin jenis ini juga merupakan jenis vaksin yang disuntikkan kepada presiden Joko Widodo dan beliau juga lah orang pertama yang disuntikkan vaksin jenis Sinovac di Indonesia. Hingga saat ini, sekitar lebih dari 59,4 juta penduduk Indonesia sudah mendapatkan suntikan vaksin. Hal tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat 4 dunia terkait dengan jumlah penduduk yang sudah divaksin setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Ditengah masih berlangsungnya PPKM di sebagian wilayah di Indonesia, pemerintah masih terus mendistribusikan vaksin ke seluruh wilayah di Indonesia. Dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, pelaksanaan program vaksinasi nasional menjadi lebih tertata dan tidak semrawut. Di provinsi Jawa Tengah sendiri pemda setempat telah menyediakan informasi terkait sentra vaksinasi yang ada di provinsi Jawa Tengah yang bisa diakses melalui https://corona.jatengprov.go.id/vaksinasi. Pada laman tersebut, ditampilkan informasi nama sentra vaksinasi, kabupaten atau kota, hingga alamat sentra vaksinasi tersebut. Penyediaan informasi sentra vaksinasi tersebut memudahkan warga masyarakat yang belum mendapatkan vaksin untuk setidaknya tahu tempat mana saja yang menyediakan layanan vaksinasi yang terdekat dengan wilayah mereka. Selain menyediakan informasi terkait dengan vaksinasi melalui website, beberapa daerah juga mensosialisasikan program vaksinasi yang akan berlangsung dan yang sedang berlangsung melalui sosial media seperti whatsapp, instagram, dan lain sebagainya. Seperti pemerintah kabupaten Wonogiri misalnya, jadwal pelaksanaan vaksinasi dibagikan melalui sosial media pemerintah kabupaten dan juga dibantu oleh berbagai lapisan masyarakat untuk penyebaran informasinya.

Sesuai jadwal vaksinasi yang disebarluaskan, ada sekitar 14 titik di 14 kecamatan di Wonogiri yang dijadwalkan melaksanakan program vaksinasi. Program tersebut dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 24 Agustus 2021 hingga tanggal 27 Agustus 2021. Adapun sasaran dalam kegiatan vaksinasi ini antara lain pedagang, pelajar, dan relawan. Dimulai dengan kecamatan Wonogiri, kecamatan Jatisrono, dan kecamatan Pracimantoro yang melaksanakan kegiatan vaksinasi pada tanggal 24 Agustus 2021. Sangat disayangkan pada pelaksanaan di lapangan pada ketiga kecamatan tersebut terjadi kerumunan dan penerapan protokol kesehatan cenderung diabaikan. Terjadinya kerumunan tersebut dikarenakan adanya ketidakpaduan terkait informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Selain menyebabkan terjadinya kerumunan, ketidakpaduan terkait informasi yang disampaikan kepada masyarakat tersebut juga menyebabkan ketidaktepatan sasaran pada kegiatan vaksinasi kali ini. 

Dari yang awalnya ditargetkan untuk pedagang, mahasiswa, dan relawan menjadi “salah sasaran” karena masyarakat umum berbondong-bondong datang untuk mendapatkan vaksin. Terlepas dari hal tersebut, pelaksanaan vaksinasi ini merupakan langkah tepat yang dilakukan pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam upaya percepatan penanggulangan pamdemi covid-19. Diharapkan kedepannya semakin banyak daerah-daerah yang juga melaksanakan hal serupa agar berbagai kegiatan masyarakat seperti kegiatan ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya dapat segera dilangsungkan kembali.

Penulis : Arifuddin Fathoni, 25 Agustus 2021

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *