Selamat Hari Tani Nasional

Menjadi produktif adalah hal yang wajib untuk anak muda geluti, mengasah kemampuan soft skill maupun hard skill. Memanfaatkan waktu “time is science” harus melekat setiap insan muda untuk terus berkarya, berprestasi, dan terus melakukan aksi nyata yang positif, kritis, produktif, dan solutif. Indonesia kaya akan sumber daya alam dan manusianya. 

Hal ini harus diiringi dengan wadah yang menampung mereka untuk mewujudkan gerakanya mulai dari banyak gagasan/ ide anak muda, lahan yang harus dimanfaatkan secara cepat dan tepat, sarana pendukung untuk mereka berinovasi, modal yang harus dianggarkan tepat sasaran, pendampingan guna mengembangkan gagasan dan gerakan anak – anak muda tersebut. Mengingat lahan pertanian Indonesia harus selalu dijaga, dirawat, dikembangkan serat dilindungi.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengumumkan hasil verifikasi luas lahan baku sawah. Berdasarkan hasil perhitungan ulang pada 2019 lalu, saat ini pemerintah mencatat terdapat 7.463.948 hektar lahan baku sawah. (sumber liputan6.com)

Data tersebut seharusnya selalu diupdate dan transparan (baca juga : Aplikasi Transparansi Penggunaan Lahan Daerah), sehingga masyaraat ikut berperan aktif dalam mengkritisi dan ikut membangun dengan cara mengedukasi pentingnya lahan terbuka untuk pertanian yang tetap, kawasan pertanian yang mampu memberikan hasil nyata bukan hanya hasil bumi namun memberikan kontribusi aktif dalam segi ekonmoi, eduksi, sosial budaya. 

Tema Hari Tani Nasional 2020

Tema yang diusung dalam memeringati  Hari Tani Nasional 2020 ini adalah sebuah semangat untuk terus bergerak dan memacu produktifitas pangan Indonesia. Optimisme selalu dibangun dan terus digaungkan. Semangat maju pertanian Indonesia harus selalu dipupuk dan dirawat. Pada kesempatan kali ini saya sebagai pemuda berusaha ikut aktif dengan cara saya. Membubuhkan semangat dan impian untuk pertanian Indonesia. Jayalah petani Indonesia ;
1. Maju Sumber Daya Manusianya
2. Terjaga Sumber Daya Alamnya
3. Berkembang sarana prasarananya
4. Mengikuti perkembangan zaman
5. Produktif, kritis, aktif, inovatif dan solutif
6. Guyub rukun, ayem tentrem, gemah ripah loh jinawi
Rahayu, Rahayu, Rahayu

Impian untuk Pertanian Indonesia

Salam semangat untuk petani di Seluruh Pelosok Negeri. Petani Indonesia berdaulat dan berdikari. Indonesia Saya Cinta, mari kita rawat bersama.

Salam berproses dan semangat berkarya petani Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *