Reduksi Problematika Sosial-Ekonomi Melalui Sociopreneurship oleh Akhyar Royan Fadli design by Nugroho Dwi Santoso

Reduksi Problematika Sosial-Ekonomi Melalui Sociopreneurship – Vol 1.1

Sociopreneurship menawarkan langkah-langkah yang lebih bersahabat, melalui gerakan-gerakan yang lebih humanis dan lebih realistis untuk diterapkan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Seorang sociopreneur bergerak tidak dimotivasi oleh keuntungan, melainkan misi untuk mengatasi problem sosial yang ada. Mereka adalah orang-orang yang berupaya menciptakan perubahan positif atas persoalan yang menimpa masyarakat: baik itu pendidikan, kesehatan, atau masalah kemasyarakatan lainnya (Linda Indiyarti, 2017). Seperti yang diungkapkan oleh J.G Dees dalam Ratna dan Meily, bahwa orang-orang yang berjiwa sosiopreneur disebut sebagai “spesies khusus” dalam dunia wirausaha. Sociopreneurship tidak hanya terbatas pada suatu aksi sosial lembaga, organisasi atau perusahaan melalui program CSR, atau lembaga sosial lainnya. Semangatnya enterpreneurship lebih bersifat suatu mental atau sikap terhadap suatu problem yang dihadapi personal atau masyarakat.

Apabila sebuah enterpreneur berorientasi pada sebuah bisnis yang diukur dari besaran laba yang diperoleh. Sedangkan lembaga sosial berorientasi pada sebuah dampak sosial yang mereka timbulkan. Maka Sociopreneurship adalah jalan tengah dari kedua hal tersebut, sociopreneur berorientasi sosial berbasis bisnis. Haniek Listyorini menyebutkan dimensi social enterpreneurship meliputi identifikasi masalah sosial, identifikasi peluang usaha, dan aksi perubahan akan dilakukan.

Aksi-aksi yang dilakukan oleh seorang sociopreneur merupakan langkah efektif yang diharapakan dapat mereduksi bahkan ikut andil dalam mengatasi berbagai problematika sosial yang ada pada masyarakat kita. Terutama masyarakat di pedesaan, ketimpangan ekonomi antara masyarakat desa dengan kota menjadikan area pedesaan penting untuk diberdayakan. Pentingnya ini dalam rangka memperbaiki kualitas hidup masyakarat di desa melalui peningkatan ekonomi, akses pendidikan, akses kesehatan yang layak dan berbagai sektor lainnya.

Pelibatan masyarakat desa dalam upaya-upaya wirausaha yang dilakukan oleh seseorang merupakan sebuah langkah yang efektif untuk perbaikan skala mikro. Kehadiran inisiator tersebut sangat dibutuhkan sebagai penggerak perekonomian desa dengan membawa misi sosial bagi masyarakat di pedesaan. Sifatnya yang win-win solution antara pelaku usaha dengan masyarakat dapat ditempuh melalui berbagi kegiatan seperti pelatihan dan pembinaan, pengelolaan potensi desa, pengadaan sarana dan prasarana, penyuluhan, dsb. Dengan itu, perlahan dan optimis masalah-masalah sosial dapat direduksi dengan meningkatnya sumber daya manusia di pedesaan, peningkatan ekonomi keluarga, pendidikan tinggi, dan hal positif lainnya.

Misalnya saja, pengembangan desa sebagai desa wisata. Dapat dilakukan dengan memberdayakan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya, memberikan keterampilan untuk meningkatkan produktivitas produk yang bernilai, mendistribusikan produk khas desanya dan mempromosikan desanya sebagai desa wisata. Dengan mempertimbangkan setiap potensi yang ada, merumuskannya menjadi sebuah program atau kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup bersama.

Penulis merekomendasikan “kembali ke desa” merupakan sebuah gerakan yang semestinya dan harus dilakukan. Dengan melihat kembali potensi-potensi yang tersimpan, yang bernilai dan berpeluang menghasilkan perubahan ke arah lebih baik. Dengan jiwa sociopreneur, peluang dan harapan perubahan positif terbuka begitu lebar.

Sociopreneurship bertujuan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha dan dampak sosial bagi masyarakat. Kegiatan sosial yang dipadukan dengan jiwa kewirausahaan optimis dapat bermanfaat dan bisa menanggulangi permasalahan sosial seperti kemiskinan. Meningkatnya kualitas hidup masyarakat sebanding dengan menurunnya berbagai problematika sosial yang ada di masyarakat. Melalui gerakan-gerakan pemberdayaan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia diharapkan langkah jitu ini dapat memperbaiki kesejahteraan di segala aspek kehidupan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *