Artikel Insdu.id Peran Masyarakat membawa Indonesia Sehat

Peran Aktif Masyarakat dalam Membangun Negara di era Pandemi Covid-19

Era penuh dinamis ini adalah sebuah keharusan kita untuk melakukan penyesuaian. Sudah setahun lebih sejak kasus pertama dari corona virus desease-19 tercatat di Indonesia.Kasus yang terus bertambah semakin membuat kita terus mawas diri dan terus melakukan adaptasi dengan cepat. Dampak diberbagai bidang mulai dari pariwisata, ekonomi, sosial, Pendidikan dan bidang lainnya harus segera bertransformasi dengan objektif. Dilansir dari berbagai sumber terdapat hal hal kecil yang berdampak untuk menanggulangi penyebaran virus ini diantaranya ;

  1. Menggunakan Masker

Salah satu cara pencegahan Corona Virus Desease-19 yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Alat ini harus digunakan terutama saat berada di tempat umum atau berinteraksi dengan orang lain.

  1. Menjaga kebersihan tubuh

Dengan mencuci tangan ,rajin mandi, dan memperhatikan kerapihan serta kebersihan tubuh Mencoba untuk lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik setelah melakukan beberapa aktivitas, seperti menyentuh suatu benda, memegang bagian depan masker, saat bermain dengan hewan peliharaan dan segera setalah bermain atau memegang sesuatu ditempat umum.

  1. Menjaga Jarak sesuai Protokol

5M lainnya yang harus dilakukan untuk pencegahan Corona Virus Desease-19, yaitu menjaga jarak. Saat berada di luar rumah, pastikan untuk menjauhkan diri sekitar 1–2 meter.

  1. Menjauhi Kerumunan

Saat berada di keramaian atau kerumunan, risiko untuk tertular Corona Virus Desease-19 menjadi lebih tinggi. Jika ingin melakukan interaksi dengan beberapa orang, pastikan berada di luar ruangan, menggunakan masker, dan tidak lebih dari 5 orang.

 

  1. Mengurangi Mobilitas

Setiap orang harus benar-benar menanamkan pemahaman jika keperluannya tidak terlalu mendesak, ada baiknya untuk tetap di rumah. Meskipun merasa sehat, belum tentu saat berada di rumah tetap dalam keadaan yang sama atau menyebarkan virusnya pada keluarga di rumah.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Dalam hal ini imun dan kesehata tubuh  senantiasa harus diperhatikan dengan memerhatikan konsumi kita sehari-hari.

  1. Perhatikan Kesehatan mental

Kesehatan jasmani tentu harus dengan rohani. Mental yang kuat kakan memengaruhi system imun tubuh, dengan berfikir positif dan melakukan kegiatan yang positif tentunya sangat membantu dalam hal ini.

  1. Memerhatikan kebersihan diri dan lingkungan setiap saat

Saat berpergian selalu membawa handsanitizer, masker dan sering mencuci tangan, tidak membuang sapah semabarangan dan selalu menjaga kebersihan serta kerapihan rumah.

  1. Olahraga yang Cukup

Menjaga pola konsumsi saja harus tetap dibarengi dengan olahraga yang cukup, Kesehatan jasmani satu paket dengan rohani yang dapat bersinergi guna meningkatkan kualitas imun tubuh kita.

Di era yang penuh kedinamisan ini sudah selayaknya kita sebagai manuasia harus senantiasa memposisikan diri sebaik mungkin di tempat dan tujuan yan tepat. Fenomena pandemi saat ini menuntut kita untuk terus beradaptasi di berbagai bidang, agar hal yang menunjang kehidupan tidak statis karena dampak pandemi ini. Perlunya kesadaran diri untuk mawas diri dan membantu sesama dalam melewati masa pandemi ini. Mulai kebiasaan yang baik dan meningkatkan gerakan kebaikan untuk sesama.

Terus melakukan penyesuaian dan meningkatkan produktivitas dengan adaptasi baru agar terus meningkatkan produktivitas ekonomi masyaraat dan terus meningkatkan energi positif di masyarakat yang nantinya berdampak kelangungan bernegara.

Bogor, 21 Juni 2021 | Nugroho D Santoso

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *